//
Greece

Republik Greece (Yunani) dalam bahasa Inggris, adalah sebuah negara di bagian selatan Eropa. Hal ini di sudut tenggara Uni Eropa, dan umumnya termasuk di Eropa Barat. Yunani telah perbatasan darat dengan Albania, Republik Makedonia dan Bulgaria di utara, dan Turki ke timur. Laut Aegea terletak di sebelah timur daratan Yunani, Laut Ionia ke barat, dan Laut Mediterania di selatan. Yunani memiliki garis pantai terpanjang kedua belas di dunia pada 13.676 km (8.498 mil) panjangnya, menampilkan sejumlah besar pulau-pulau (sekitar 1.400, yang dihuni 227), termasuk Kreta, yang Dodecanese, Cyclades, dan Kepulauan Ionia antara lain. Delapan puluh persen dari Yunani terdiri dari pegunungan, yang merupakan Gunung Olympus tertinggi pada 2.917 m (9.570 kaki).

Yunani modern jejak akarnya ke peradaban Yunani kuno, umumnya dianggap sebagai tempat lahirnya peradaban Barat. Dengan demikian, itu adalah tempat kelahiran demokrasi, filsafat Barat, Olimpiade, sastra Barat dan historiografi, ilmu politik, prinsip-prinsip ilmiah dan utama matematika, Geografi, Biologi, universitas pendidikan, mata uang, dan drama Barat, termasuk tragedi dan komedi. Warisan ini sebagian tercermin dalam tujuh belas Situs Warisan Dunia UNESCO terletak di Yunani, Yunani peringkat 7 di Eropa dan 13 di dunia. Negara Yunani modern didirikan pada tahun 1830, setelah Perang Kemerdekaan Yunani.
Sebuah negara maju dengan ekonomi, maju berpenghasilan tinggi dan standar yang sangat tinggi hidup, Yunani telah menjadi anggota dari apa yang sekarang Uni Eropa sejak 1981 dan zona euro sejak tahun 2001, NATO sejak 1952, dan Badan Antariksa Eropa sejak 2005. Ini juga merupakan anggota pendiri PBB, Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan, dan Organisasi Kerja Sama Ekonomi Laut Hitam. Yunani adalah ekonomi terbesar dari Balkan.

Berikut fakta mengenai negara Greece (Yunani)

I. Kekaisaran Bizantium
Kekaisaran Bizantium ada selama lebih dari seribu tahun, dari abad ke-4 untuk 1453. Selama sebagian besar keberadaannya, tetap menjadi salah satu kekuatan ekonomi, budaya, dan militer paling kuat di Eropa, meskipun kemunduran dan kerugian teritorial, khususnya selama Perang Romawi-Persia dan Bizantium-Arab. Kekaisaran pulih selama dinasti Macedonia, naik lagi untuk menjadi kekuatan terkemuka di Mediterania Timur pada abad 10-an, menyaingi kekhalifahan Fatimiyah.

Setelah 1071, bagaimanapun, sebagian besar Asia Kecil, jantung Kekaisaran, hilang ke Turki Seljuk. Pemulihan kembali Komnenian beberapa tanah dan sebentar dibangun kembali dominasi di abad ke-12, namun setelah kematian Andronikos I Komnenos dan akhir dari dinasti Komnenos pada akhir abad ke-12 Kekaisaran menurun lagi. Kekaisaran menerima pukulan telak di 1204 dari Perang Salib Keempat, ketika dibubarkan dan dibagi menjadi bersaing alam Yunani dan Latin Bizantium.

Meskipun akhirnya pemulihan Konstantinopel dan pembentukan kembali Kekaisaran di 1261, di bawah kaisar Palaiologan, Bizantium tetap hanya satu negara saingan banyak di daerah tersebut selama 200 tahun terakhir dari keberadaannya. Namun, periode ini adalah waktu yang paling produktif dalam budaya Kekaisaran.
Perang sipil berturut-turut di abad ke-14 lebih melemahkan kekuatan Kekaisaran, dan sebagian besar wilayah yang tersisa hilang di Bizantium-Utsmaniyah Wars, yang memuncak dalam Kejatuhan Konstantinopel dan penaklukan wilayah yang tersisa oleh Kekaisaran Ottoman di abad ke-15. Pada malam penaklukan Ottoman banyak kaum intelektual Yunani bermigrasi ke Italia dan bagian lain Eropa tidak di bawah Ottoman, memainkan peran penting dalam Renaissance melalui transmisi karya-karya Yunani kuno ke Eropa Barat. Namun demikian, sistem millet Utsmani berkontribusi pada kohesi Ortodoks Yunani dengan memisahkan berbagai bangsa dalam kerajaan berdasarkan agama, sebagai yang terakhir memainkan peran integral dalam pembentukan identitas Yunani modern.

II. Perang Kemerdekaan Yunani
Pada tahun 1814, sebuah organisasi rahasia yang disebut Eteria Filiki didirikan dengan tujuan membebaskan Yunani. Para Eteria Filiki direncanakan untuk memulai revolusi di Peloponnese, pemerintah-pemerintah Danubia dan Konstantinopel. Yang pertama dari pemberontakan ini dimulai pada tanggal 6 Maret 1821 di kerajaan Danubia bawah kepemimpinan Alexandros Ypsilantis, tapi segera diletakkan oleh Ottoman. Kejadian-kejadian di utara mendesak Yunani di Peloponnese dalam tindakan dan pada 17 Maret 1821 yang Maniots menyatakan perang terhadap Ottoman. Pada akhir bulan, Peloponnese di pemberontakan terbuka melawan Ottoman dan dengan Oktober 1821 orang-orang Yunani di bawah Theodoros Kolokotronis telah ditangkap Tripolitsa. Pemberontakan Peloponnesia segera diikuti oleh pemberontakan di Kreta, Makedonia dan Yunani Tengah, yang akan segera ditekan. Sementara itu, angkatan laut Yunani sementara itu mencapai kesuksesan melawan angkatan laut Utsmani di Laut Aegea dan mencegah bala Ottoman dari tiba melalui laut.

Ketegangan antara faksi-faksi segera dikembangkan Yunani yang berbeda, yang mengarah ke dua perang sipil berturut-turut. Sementara itu, Sultan Utsmani dinegosiasikan dengan Mehmet Ali dari Mesir, yang setuju untuk mengirimkan anaknya Ibrahim Pasha ke Yunani dengan tentara untuk menekan pemberontakan di kembali untuk mendapatkan teritorial. Ibrahim mendarat di Peloponnese pada Februari 1825 dan telah sukses langsung: pada akhir tahun 1825, sebagian besar Peloponnese berada di bawah kendali Mesir, dan kota-Missolonghi diletakkan di bawah pengepungan oleh orang Turki sejak April 1825-jatuh pada bulan April 1826. Meskipun Ibrahim dikalahkan dalam Mani, dia berhasil menekan sebagian besar pemberontakan di Peloponnese dan Athena telah direbut kembali.
Setelah bertahun-tahun negosiasi, tiga negara besar, Rusia, Inggris dan Perancis, memutuskan untuk campur tangan dalam konflik dan bangsa masing-masing dikirim angkatan laut ke Yunani. Berita berikut yang dikombinasikan Usmani-Mesir armada yang akan menyerang pulau Yunani Hydra, armada sekutu mencegat armada Utsmani-Mesir di Navarino. Setelah kebuntuan minggu yang panjang, pertempuran mulai yang mengakibatkan kehancuran armada Utsmani-Mesir. Dengan bantuan pasukan ekspedisi Perancis, Yunani mengusir Turki keluar dari Peloponnese dan terus ke bagian ditangkap Tengah Yunani pada tahun 1828. Sebagai hasil dari tahun negosiasi, negara Yunani yang baru lahir akhirnya diakui dalam Protokol London pada 1830.

III. Geografi
Yunani terdiri dari daratan, pegunungan semenanjung yang menjorok ke laut di ujung selatan dari Balkan, berakhir di semenanjung Peloponnese (terpisah dari daratan oleh kanal Isthmus dari Corinth). Karena garis pantainya yang sangat indentasi dan banyak pulau, Yunani memiliki garis pantai terpanjang kedua belas di, dunia with13 676 km (8.498 mil); batas tanah adalah 1.160 km (721 mil). Negara ini terletak di antara garis lintang 34 ° dan 42 ° LU, 19 ° dan bujur dan 30 ° E.
Yunani memiliki sejumlah besar pulau, antara 1.200 dan 6.000, tergantung pada definisi, 227 di antaranya berpenghuni. Kreta adalah pulau terbesar dan paling padat penduduknya; Euboea, terpisah dari daratan oleh 60-lebar Selat Euripus, adalah yang terbesar kedua, diikuti oleh Rhodes dan Lesbos.

Pulau-pulau Yunani secara tradisional dikelompokkan ke dalam kelompok berikut: Argo-Saronic Kepulauan di teluk Saronic dekat Athena, Cyclades, koleksi besar tapi padat menempati bagian tengah Laut Aegea, pulau Aegea Utara, pengelompokan longgar dari pantai barat Turki, Dodecanese, koleksi lain yang longgar di tenggara antara Kreta dan Turki, Sporades, sebuah kelompok yang ketat kecil di lepas pantai Euboea, dan Kepulauan Ionia, yang terletak di sebelah barat daratan di Laut Ionia.
Delapan puluh persen dari Yunani terdiri dari gunung atau bukit, membuat satu negara yang paling pegunungan di Eropa. Gunung Olympus, tempat tinggal mitos para dewa Yunani, berpuncak pada puncak 2.917 m Mytikas (9.570 kaki), tertinggi di negara ini. Barat Yunani berisi sejumlah danau dan lahan basah dan didominasi oleh pegunungan Pindus. Para Pindus, merupakan kelanjutan dari Pegunungan Alpen Dinaric, mencapai ketinggian maksimum 2.637 m (8.652 kaki) di Mt. Smolikas (kedua-tertinggi di Yunani) dan historis telah menjadi hambatan yang signifikan ke timur-barat perjalanan.


Kisaran Pindus terus melalui Peloponnese pusat, melintasi pulau Kythera dan Antikythera dan menemukan jalan ke barat daya Aegea, di Pulau Kreta di mana akhirnya berakhir. Pulau-pulau Aegea adalah puncak-puncak gunung bawah air yang pernah merupakan perpanjangan dari daratan. Pindus ditandai dengan tinggi, puncak curam, sering membedah oleh berbagai lembah dan berbagai lanskap karstic lainnya. Gorge Vikos spektakuler, bagian dari Vikos-Aoos Taman Nasional di kisaran Pindus, terdaftar oleh Guinness Book of World Records sebagai ngarai terdalam di dunia. [40] lain pembentukan menonjol adalah pilar batu Meteora, di atas yang telah biara-biara abad pertengahan telah dibangun Ortodoks Yunani.
Pemandangan Gunung Olympus, yang terletak di perbatasan antara Thessaly dan Makedonia,
Northeastern Yunani fitur lain kisaran tinggi ketinggian gunung, kisaran Rhodope, menyebar di seluruh wilayah Makedonia Timur dan Thrace, daerah ini ditutupi dengan luas, tebal, hutan kuno, termasuk hutan Dadia terkenal di Prefektur Evros, di timur laut jauh negara.

Dataran luas terutama terletak di prefektur Thessaly, Pusat Makedonia dan Thrace. Mereka merupakan wilayah ekonomi utama karena mereka adalah antara beberapa tempat subur di negara ini. Spesies laut langka seperti Seal Pinniped dan Penyu bodoh tinggal di laut sekitar daratan Yunani, sementara hutan lebat yang adalah rumah bagi terancam beruang coklat, lynx, Rusa Roe dan Kambing Liar.
Phytogeographically, Yunani milik Kerajaan Boreal dan dibagi antara provinsi Mediterania Timur Daerah Mediterania dan provinsi Illyrian Daerah Circumboreal. Menurut World Wide Fund for Nature dan Badan Lingkungan Eropa, wilayah Yunani dapat dibagi menjadi enam ekoregion: hutan gugur Illyrian, Pindus Pegunungan hutan campuran, hutan campuran Balkan, pegunungan Rhodope hutan campuran, Aegea dan Barat Turki sclerophyllous dan campuran hutan dan Mediterania Kreta hutan.

IV. Militer
Hellenic Angkatan Bersenjata diawasi oleh Pertahanan Nasional Hellenic Staf Umum dan terdiri dari tiga cabang:
– Hellenic Angkatan Darat
– Hellenic Angkatan Laut
– Hellenic Angkatan Udara
Otoritas sipil bagi militer Yunani adalah Departemen Pertahanan Nasional. Selanjutnya, Yunani mempertahankan Guard Pantai Yunani untuk penegakan hukum di laut dan untuk pencarian dan penyelamatan.


Yunani memiliki layanan militer universal yang wajib bagi laki-laki, sementara perempuan (yang dapat melayani di militer) dibebaskan dari wajib militer. Pada 2009, Yunani memiliki dinas militer wajib sembilan bulan bagi warga negara laki-laki antara usia 19 dan 45. Namun, sebagai pasukan bersenjata telah bersiap menuju sistem tentara lengkap profesional, pemerintah telah berjanji bahwa wajib militer akan dipotong atau bahkan ditiadakan sama sekali.
Laki-laki Yunani antara usia 18 dan 60 yang tinggal di daerah strategis sensitif mungkin diperlukan untuk melayani paruh waktu di Garda Nasional. Layanan di Garda dibayar. Sebagai anggota NATO, militer Yunani berpartisipasi dalam latihan dan penyebaran bawah naungan aliansi.

V. Transportasi
Sejak 1980-an, jaringan jalan dan kereta api Yunani secara signifikan telah dimodernisasi. Karya-karya penting termasuk Odos Egnatia yang menghubungkan barat laut Yunani (Igoumenitsa) dengan utara dan timur laut Yunani (Kipoi). Rio-Antirrio jembatan, suspensi terpanjang kabel jembatan di Eropa, (2250 m atau 7382 kaki panjang) menghubungkan barat Peloponnese dari Rio (7 km atau 4 mil dari Patras) dengan Antirrio Tengah Yunani.
Perluasan jalan raya menuju Athena Patras-Pyrgos di Peloponnese barat dijadwalkan akan selesai pada tahun 2014. Sebagian besar sambungan jalan tol dari Athena ke Thessaloniki juga telah ditingkatkan.
Area Metropolitan Athena termasuk keadaan infrastruktur seni seperti Bandara Internasional Athena, jalan tol yang dikelola secara pribadi Attiki Odos dan sistem Athena diperluas Metro. Sebagian besar pulau-pulau Yunani dan banyak kota-kota utama Yunani yang terhubung dengan udara terutama dari dua maskapai Yunani utama, Olimpiade Air dan Aegean Airlines. Koneksi maritim telah diperbaiki dengan modern berkecepatan tinggi kerajinan, termasuk hydrofoils dan katamaran.Sejak 1980-an, jaringan jalan dan kereta api Yunani secara signifikan telah dimodernisasi. Karya-karya penting termasuk Odos Egnatia yang menghubungkan barat laut Yunani (Igoumenitsa) dengan utara dan timur laut Yunani (Kipoi). Rio-Antirrio jembatan, suspensi terpanjang kabel jembatan di Eropa, (2250 m atau 7382 kaki panjang) menghubungkan barat Peloponnese dari Rio (7 km atau 4 mil dari Patras) dengan Antirrio Tengah Yunani.
Perluasan jalan raya menuju Athena Patras-Pyrgos di Peloponnese barat dijadwalkan akan selesai pada tahun 2014. Sebagian besar sambungan jalan tol dari Athena ke Thessaloniki juga telah ditingkatkan.

Area Metropolitan Athena termasuk keadaan infrastruktur seni seperti Bandara Internasional Athena, jalan tol yang dikelola secara pribadi Attiki Odos dan sistem Athena diperluas Metro. Sebagian besar pulau-pulau Yunani dan banyak kota-kota utama Yunani yang terhubung dengan udara terutama dari dua maskapai Yunani utama, Olimpiade Air dan Aegean Airlines. Koneksi maritim telah diperbaiki dengan modern berkecepatan tinggi kerajinan, termasuk hydrofoils dan katamaran.

Koneksi kereta api memainkan peran yang agak lebih rendah daripada di banyak negara Eropa lainnya, namun mereka juga juga telah diperluas, dengan pinggiran kota baru / koneksi komuter kereta api, dilayani oleh Proastiakos sekitar Athena, menuju bandara tersebut, Kiato dan Chalkida, dan sekitar Thessaloniki, menuju kota Larissa dan Edessa. Sebuah kereta api antarkota Koneksi modern antara Athena dan Thessaloniki juga telah dibentuk, sedangkan upgrade ke garis ganda di banyak bagian 2.500 km (1.600 mil) jaringan sedang berlangsung. Internasional jalur kereta api menghubungkan kota-kota Yunani dengan seluruh Eropa, Balkan dan Turki, meskipun seperti tahun 2011 mereka telah ditangguhkan, karena krisis keuangan.

VI. Olahraga
Yunani adalah tempat kelahiran Olimpiade. Stadion Panathenaic di Athena menjadi tuan rumah Olimpiade pada 1896. Hal itu juga menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 1870 dan 1875 (lihat Evangelis Zappas). Stadion Panathenaic juga menjadi tuan rumah Olimpiade pada 1906 dan digunakan untuk host acara di Olimpiade 2004.

Tim nasional sepak bola Yunani, peringkat 12 di dunia pada 2009, [115] memenangkan UEFA Euro 2004 di salah satu kejutan terbesar dalam sejarah olahraga [116]. Super Liga Yunani adalah liga sepak bola tertinggi profesional dalam negara yang terdiri dari enam belas tim. Yang paling sukses adalah Olympiakos, Panathinaikos, Aris, PAOK dan AEK Athena.

Tim basket nasional Yunani memiliki tradisi dekade-panjang keunggulan dalam olahraga. Pada bulan Agustus 2008, peringkat 4 di dunia. [117] Mereka telah memenangkan Kejuaraan Eropa dua kali pada tahun 1987 dan 2005, [118] dan telah mencapai empat final di tiga dari empat Kejuaraan Dunia terakhir FIBA, mengambil tempat kedua di tahun 2006 . Pada tahun 2009, Yunani mengalahkan Prancis di kejuaraan Basket U-20 Eropa [119]. Para basket liga domestik atas, A1 Ethniki, terdiri dari empat belas tim. Tim Yunani yang paling berhasil adalah Panathinaikos, Olympiakos, Aris Thessaloniki dan PAOK. Polo air dan voli juga dipraktekkan secara luas di Yunani whilecricket dan bola tangan relatif populer di Corfu dan Veroia masing-masing.

Advertisements

Comments are closed.

%d bloggers like this: