//
San Francisco


San Francisco adalah kota terpadat keempat di California dan ke-12 di Amerika Serikat dengan perkiraan populasi tahun 2009 sebanyak 815.358 jiwa. Sebagai satu-satunya kota-county gabungan di California, San Francisco menduduki wilayah seluas 467 mil² (1,210 km²) di ujung utara Semenanjung San Francisco dengan kepadatan penduduk 17.323 jiwa/mi² (6.688,4 jiwa/km²). Kota ini adalah kota besar (lebih dari 200.000 jiwa) terpadat di negara bagian California dan terpadat kedua di Amerika Serikat. San Francisco merupakan pusat keuangan, budaya, dan transportasi di Wilayah Teluk San Francisco, sebuah wilayah yang dihuni 7,4 juta jiwa.

Pada 1776, Spanyol mendirikan sebuah benteng di Golden Gate dan sebuah misi yang dinamai dari Fransiskus dari Assisi di tempat ini. Demam Emas California tahun 1848 membawa pertumbuhan cepat di kota ini, meningkatkan populasi dari 1.000 jiwa menjadi 25.000 dalam satu tahun, dan mengubahnya menjadi kota terbesar di Pantai Barat pada waktu itu. Setelah tiga perempat kota hancur akibat gempa bumi dan kebakaran 1906, San Francisco langsung dibangun kembali dan menjadi tempat penyelenggaraan Panama-Pacific International Exposition sembilan tahun kemudian. Selama Perang Dunia II, San Francisco adalah pelabuhan keberangkatan untuk anggota tentara yang akan berperang di Teater Pasifik. Setelah perang, arus pulang tentara, imigrasi massal, tingkah laku yang semakin bebas, dan faktor lain mendorong munculnya gerakan Summer of Love dan hak asasi gay sehingga mencap San Francisco sebagai pusat aktivisme liberal di Amerika Serikat.

Hari ini, San Francisco adalah sebuah kota tujuan wisatawan internasional yang terkenal, terutama karena kabut dingin musim panasnya, perbukitan curam, campuran arsitektur Victoria dan arsitektur modern, dan berbagai markah tanah yang terkenal, seperti Jembatan Golden Gate, sistem tram kota, dan Chinatown. Kota ini juga merupakan sebuah pusat perbankan dan keuangan utama, dan rumah bagi lebihi dari 30 institusi keuangan internasional yang membantu menempatkan San Francisco pada tingkat ke-18 dalam daftar kota produsen teratas dunia, ke-9 di Amerika Serikat, dan ke-15 dalam daftar 20 pusat keuangan terbaik di dunia.

1. Iklim

Sebuah kutipan populer yang salah dikutip dari Mark Twain adalah “Musim dingin terdingin yang pernah kualami adalah musim panas di San Francisco.”Iklim San Francisco memiliki karakteristik musim panas-dingin iklim Mediterania di pantai California dengan musim dingin sejuk dan basah, serta musim panas dingin dan kering. Karena dikelilingi oleh perairan di tiga sisi, cuaca San Francisco sangat dipengaruhi oleh arus dingin Samudera Pasifik yang mengatur perubahan suhu dan menghasilkan iklim sejuk sepanjang tahun dengan variasi suhu musiman yang kecil.
Di antara kota-kota besar di AS, San Francisco memiliki suhu menengah, maksimum, dan minimum harian terdingin pada Juni, Juli dan Agustus. Selama musim panas, udara panas yang naik di lembah terdalam California membentuk wilayah bertekanan rendah yang menarik angin dari Antisiklon Pasifik Utara melalui Golden Gate dan membentuk angin dan kabut dingin yang khas bagi kota ini. Kabut kurang tampak di permukiman timur dan selama akhir musim panas dan awal musim gugur yang merupakan waktu terpanas sepanjang tahun.

Karena topografi tajam dan pengaruh lautnya, San Francisco memiliki serangkaian iklim mikro yang berbeda. Perbukitan tinggi di pusat geografis kota adalah penyebab 20% variasi curah hujan tahunan terjadi di beberapa kawasan kota. Perbukitan tersebut juga melindungi permukiman timur secara langsung dari cuaca berkabut dan kadang cuaca sangat dingin dan berangin yang dialami di Sunset District; untuk penduduk yang menetap di sisi timur kota, San Francisco lebih cerah dengan rata-rata 260 hari cerah dan 105 hari berawan setiap tahunnya.
Suhu rata-rata di atas 75 °F (24 °C) hanya terjadi 28 hari setiap tahun. Periode kering Mei hingga Oktober terasa sejuk dan hangat, dengan suhu rata-rata tertinggi 64–71 °F (18–22 °C) dan terendah 51–56 °F (11–13 °C). Periode hujan November hingga April agak dingin dengan suhu tertinggi 58–64 °F (14–18 °C) dan suhu terendah 46–51 °F (8–11 °C). Rata-rata, terdapat 67 hari turun hujan setiap tahun, dan curah hujan tahunan rata-rata yaitu 204 inci (5,181.60 mm). Salju sangat jarang muncul, dengan 10 fenomena terjadi sejak 1852 dan yang terakhir terjadi pada tahun 1976. Suhu tertinggi yang tercatat di kantor resmi National Weather Service adalah 103 °F (39 °C) pada 17 Juli 1988 dan 14 Juni 2000. Suhu terendah yang tercatat adalah 27 °F (−3 °C) pada 11 Desember 1932.

2. Permukiman

Pusat bersejarah San Francisco terletak di timur laut kota dan berbatasan dengan Market Street di selatan. Di sinilah tempat Financial District didirikan, dengan Union Square, distrik perbelanjaan dan perhotelan utama berada di sekitarnya. Kereta kabel membawa penumpang ke atas puncak Nob Hill yang dulunya pernah menjadi pusat bisnis kota, dan turun ke Fisherman’s Wharf, sebuah daerah wisata yang memiliki kepiting Dungeness dari industri perikanan yang masih aktif. Di distrik ini juga terdapat Russian Hill, sebuah permukiman penduduk dengan Lombard Street yang meliuk-liuk, North Beach, Little Italy San Francisco, dan Telegraph Hill, tempat berdirinya Coit Tower. Di sampingnya adalah Chinatown San Francisco, didirikan tahun 1840-an.
Mission District dipadati pada abad ke-19 oleh Californio dan imigran pekerja dari Jerman, Irlandia, Italia, dan Skandinavia. Pada 1910-an, gelombang imigran Amerika Tengah menetap di Mission dan pada 1950-an, imigran dari Meksiko mulai mendominasi kawasan ini. Dalam beberapa tahun terakhir, gentrifikasi telah menyebar, terutama di sepanjang koridor Valencia Street yang sangat dikaitkan dengan subkultur hipster. Haight-Ashbury, terkenal karena budaya hippie pada 1960-an, menjadi kawasan yang dipadati butik mahal dan beberapa jaringan pertokoan kontroversial, meski masih mempertahankan beberapa karakter bohemianya. Dulu dikenal dengan nama Eureka Valley, daerah yang sekarang lebih dikenal dengan nama the Castro ini adalah pusat kehidupan gay di kota ini.

Distrik kota Japantown mengalami dampak Perang Dunia II ketika penduduk Jepang Amerika dipaksa pindah dan diasingkan. Western Addition didirikan dengan jumlah penduduk Afrika Amerika yang besar pada waktu yang sama. “Painted Ladies”, sebaris rumah Victoria yang masih dipertahankan berdiri di sepanjang Alamo Square, dan puri yang dibangun oleh elit bisnis San Francisco setelah gempa 1906 dapat ditemui di Pacific Heights. Marina di utara adalah kawasan sibuk dengan banyak profesional muda yang berdatangan dari kota.
Richmond, daerah luas di utara Golden Gate Park yang memanjang ke Samudera Pasifik memiliki sub-distrik bernama “New Chinatown” yang juga menjadi rumah bagi imigran dari negara lain di Asia dan Rusia. Di selatan Golden Gate Park adalah Sunset yang didominasi penduduk Asia. Richmond dan Sunset didominasi penduduk kelas menengah dan secara keseluruhan dikenal dengan nama The Avenues. Masing-masing distrik ini kadang dibagi lagi menjadi dua wilayah, Outer Richmond dan Outer Sunset yang merujuk pada wilayah barat dari distrik tersebut dan Inner Richmond dan Inner Sunset yang merujuk pada wilayah timurnya.

Bayview-Hunters Point di tenggara kota adalah salah satu permukiman termiskin dan memiliki tingkat kejahatan yang tinggi, meski daerah ini telah menjadi fokus rencana pembaruan perkotaan yang kontroversial. South of Market, dulunya dipenuhi dengan sisa-sisa masa industri San Francisco, sekarang telah mengalami pembangunan pesat. Sebagai tempat munculnya musim dot-com selama 1990-an, South of Market pada 2004 mulai mengalami pembangunan pencakar langit dan kondominium di daerahnya (lihat Manhattanisasi). Setelah kesuksesan South Beach, permukiman lain, yaitu Mission Bay mengalami pembangunan baru karena keberadaan kampus kedua University of California, San Francisco. Di barat laut Mission Bay adalah permukiman Potrero Hill yang memberi pemandangan unik menghadap pusat kota San Francisco.

3. Budaya San Frascisco

Dalam beberapa tahun terakhir, kekayaan yang dihasilkan dari ledakan TI dari Silicon Valley di dekatnya, serta dari Dot-Com boom baru-baru ini telah menciptakan standar hidup yang tinggi di San Francisco, menarik pekerja kerah putih ke San Francisco dari seluruh dunia. Banyak lingkungan yang dulunya kerah biru, menengah, dan kelas rendah telah gentrifying, karena banyak bisnis tradisional kota dan daerah industri telah mengalami kebangkitan didorong oleh pembangunan kembali Embarcadero, termasuk lingkungan South Beach dan Mission Bay. Properti kota nilai-nilai dan pendapatan rumah tangga telah naik ke salah satu yang tertinggi di negara ini, menciptakan sebuah restoran besar, dan kelas atas, ritel, dan dunia hiburan. Menurut survei 2008 kualitas kehidupan kota global, San Fransisco memiliki kualitas tertinggi kedua hidup dari setiap kota AS. Karena biaya yang sangat tinggi hidup, banyak dari tengah kota dan keluarga kelas bawah telah meninggalkan kota untuk pinggiran luar Bay Area, atau untuk California Central Valley.

Meskipun perdagangan terpusat dan distrik perbelanjaan Distrik Keuangan dan daerah sekitar Union Square yang terkenal di seluruh dunia, San Fransisco ini juga ditandai dengan streetscapes yang kaya budaya yang menampilkan campuran menggunakan lingkungan berlabuh di sekitar koridor komersial pusat untuk mana penduduk dan pengunjung sama-sama dapat berjalan. Karena karakteristik ini, San Francisco dinilai “paling walkable” kota oleh Walkscore.com situs. Banyak fitur lingkungan campuran bisnis, restoran dan tempat-tempat yang melayani baik kebutuhan sehari-hari penduduk setempat sementara juga melayani banyak pengunjung dan wisatawan. Beberapa lingkungan yang dihiasi dengan butik, kafe dan hiburan malam seperti Union Street di Sapi Hollow, dan Street 24 di Noe Valley. Lainnya kurang begitu, seperti Irving Street di Sunset, atau Street Misi Misi. Pendekatan ini terutama telah mempengaruhi Selatan terus pembangunan kembali Pasar lingkungan dengan lingkungan bisnis dan jasa naik bersama bertingkat tinggi tempat tinggal.

Bendera pelangi, simbol kebanggaan LGBT, berasal di San Francisco, spanduk seperti ini menghiasi jalan-jalan di The Castro. Karakter internasional San Fransisco telah memupuk sejak pendiriannya dilanjutkan hari ini oleh sejumlah besar imigran dari Asia dan Amerika Latin. Dengan 39% dari penduduknya lahir di luar negeri, San Fransisco memiliki banyak lingkungan yang penuh dengan bisnis dan institusi sipil katering untuk pendatang baru. Secara khusus, kedatangan etnis Cina banyak, yang dipercepat mulai tahun 1970-an, telah melengkapi komunitas lama mapan berbasis sejarah di Chinatown seluruh kota dan telah mengubah Parade tahunan Tahun Baru Cina ke acara terbesar dari jenisnya di luar China.

Setelah kedatangan penulis “mengalahkan” dan seniman tahun 1950-an, dengan perubahan sosial yang memuncak dengan Summer of Love di Haight-Ashbury kabupaten selama tahun 1960, San Francisco menjadi pusat aktivisme liberal, dengan Demokrat dan Hijau mendominasi kota politik. San Fransisco tidak memilih lebih dari 20% bagi seorang calon presiden atau senator Partai Republik sejak tahun 1988. Pada tahun 2007, kota ini diperluas program Medicaid dan lainnya medis miskin ke dalam program “Sehat San Francisco”, yang mensubsidi pelayanan medis tertentu bagi warga yang memenuhi syarat. Populasi besar gay kota ini telah menciptakan dan memelihara sebuah komunitas politik dan budaya yang aktif selama beberapa dekade, mengembangkan kehadiran yang kuat dalam kehidupan bermasyarakat San Fransisco. Salah satu tujuan paling populer bagi wisatawan gay internasional, kota tuan rumah San Francisco Pride, salah satu kebanggaan terbesar dan tertua parade ketelanjangan publik adalah legal selama individu tidak bergairah seksual dan tempat handuk di kursi mereka.

4. Taman Bunga di San Francisco

Beberapa taman dan hampir seluruh pantai di San Francisco membentuk bagian dari Golden Gate National Recreation Area, salah satu bagian dari sistem National Park yang paling sering dikunjungi di Amerika Serikat dengan lebih dari 13 juta pengunjung setiap tahun. Di antara tempat wisata di GGNRA di kota ini ialah Ocean Beach, yang membentang sepanjang Samudera Pasifik dan dipenuhi komunitas selancar yang beragam, dan Baker Beach yang terletak di sebuah teluk di barat Golden Gate dan bagiian dari Presidio, bekas pangkalan militer. Juga di dalam Presidio adalah Crissy Field, bekas lapangan udara yang dikembalikan ke ekosistem rawa asin alaminya. GGNRA juga meliputi Fort Funston, Lands End, Fort Mason, dan Alcatraz. National Park Service secara terpisah mengelola San Francisco Maritime National Historical Park — armada kapal-kapal bersejarah dan properti tepi laut di sekitar Aquatic Park.

Ada lebih dari 200 taman yang dikelola oleh San Francisco Recreation and Parks Department. Taman kota yang terbesar dan terkenal ialah Golden Gate Park, yang membentang dari pusat kota hingga Samudera Pasifik. Dulunya ditutupi rerumputan asli dan bukit pasir, taman ini dibangun pada 1860-an dan ditanami ribuan pohon dan tanaman asing. Taman besar ini kaya akan tempat wisata budaya dan alamnya seperti Conservatory of Flowers, Japanese Tea Garden dan San Francisco Botanical Garden. Lake Merced adalah sebuah danau air tawar yang dikelilingi taman dan terletak dekat San Francisco Zoo, sebuah taman kota yang berisi lebih dari 250 spesies hewan, di antaranya termasuk dalam kategori terancam punah. Taman satu-satunya yang dikelola oleh sistem California State Park dan terletak di San Francisco, Candlestick Point adalah kawasan rekreasi perkotaan pertama di California.

5. Hiburan dan Seni Pertunjukan San Francisco

San Francisco War Memorial dan Pusat Seni Pertunjukan host beberapa perusahaan melakukan-seni yang paling abadi di AS War Memorial Opera House rumah San Francisco Opera, terbesar kedua opera perusahaan di Amerika Utara serta San Francisco Ballet, sementara San Francisco Symphony bermain di Davies Symphony Hall. Teater Herbst tahap campuran eklektik pertunjukan musik, serta radio publik Kota Seni & Kuliah.

Fillmore adalah tempat musik yang terletak di Penambahan Barat. Ini adalah inkarnasi kedua tempat bersejarah yang meraih ketenaran pada tahun 1960 di bawah promotor konser Bill Graham, perumahan tahap di mana musisi sekarang terkenal seperti Grateful Dead, Janis Joplin, Led Zeppelin dan Jefferson Airplane pertama kali dilakukan, membina San Francisco suara. Pantai Selimut Babel adalah sebuah pertunjukan tari-tarian dan musik lucu sebuah lembaga sipil yang telah dilakukan untuk orang banyak terjual habis di North Beach sejak tahun 1974. American Conservatory Theater (ACT) telah menjadi kekuatan di Bay Area seni pertunjukan sejak kedatangannya di San Francisco pada tahun 1967, secara teratur pementasan produksi. San Francisco sering host tur nasional produksi dari teater Broadway menunjukkan di sejumlah vintage era 1920-an tempat di Kabupaten Teater termasuk Curran, Orpheum, dan Teater Golden Gate.

6. Musium San Francisco

Museum of Modern Art (SFMOMA) rumah-rumah abad ke-20 dan karya seni kontemporer. Hal ini pindah ke gedung saat ini di lingkungan Pasar Selatan pada tahun 1995 dan sekarang menarik lebih dari 600.000 pengunjung setiap tahunnya. Istana Legiun Kehormatan memegang terutama barang-barang antik Eropa dan karya seni di Taman Lincoln yang membangun model setelah Paris yang senama. Hal ini dikelola oleh Museum Fine Arts di San Francisco, yang juga mengoperasikan Museum de Young di Golden Gate Park. Koleksi muda de itu fitur potongan dekoratif Amerika dan kepemilikan antropologis dari Afrika, Oceania dan Amerika. Sebelum konstruksi arus struktur tembaga berlapis, selesai pada 2005, juga ditempatkan Muda de Museum Seni Asia, yang, dengan artefak dari lebih dari 6.000 tahun sejarah di Asia, pindah ke perpustakaan umum mantan samping Pusat Civic di 2003 . Sebaliknya Concourse Musik dari Young de berdiri California Academy of Sciences, sebuah museum sejarah alam yang juga host Planetarium Morrison dan Steinhart Aquarium. Struktur saat ini, yang menampilkan atap yang hidup, adalah contoh dari arsitektur yang berkelanjutan dan dibuka pada 2008. Istana Fine Arts, awalnya dibangun untuk Panama-Pasifik 1915 Pameran, telah sejak 1969 bertempat Exploratorium, sebuah museum sains interaktif.

7. Universitas San Francisco

San Francisco adalah satu-satunya kampus Universitas sistem California sepenuhnya didedikasikan untuk lulusan pendidikan di bidang kesehatan dan ilmu biomedis. Ini adalah peringkat di antara puncak-lima sekolah medis di Amerika Serikat dan mengoperasikan UCSF Medical Center, yang menempati peringkat di antara 10 rumah sakit terbaik di negara ini. UCSF adalah sebuah perusahaan lokal besar, kedua dalam ukuran hanya untuk kota dan pemerintah kabupaten. Sebuah 43-acre (170.000 m2) Mission Bay kampus dibuka pada tahun 2003, melengkapi fasilitas aslinya di Parnassus Heights. Ini berisi ruang penelitian dan fasilitas untuk mendorong kewirausahaan bioteknologi dan kehidupan ilmu dan akan melipatgandakan ukuran perusahaan penelitian UCSF. Semua dalam semua, UCSF mengoperasikan 20 fasilitas di San Francisco. University of California, Hastings College of Law, didirikan pada Pusat Civic di 1878, adalah sekolah hukum tertua di California dan klaim hakim lebih di bangku negara daripada lembaga lainnya. San Francisco State University adalah bagian dari sistem California State University dan terletak dekat Danau Merced. Sekolah telah dekat dengan 30.000 siswa dan penghargaan sarjana dan gelar master di lebih dari 100 disiplin. City College of San Francisco, dengan fasilitas utama di distrik Ingleside, adalah salah satu dari dua perguruan tinggi terbesar tahun masyarakat di negara ini. Ini memiliki pendaftaran sekitar 100.000 siswa dan menawarkan program pendidikan berkelanjutan yang luas.

Didirikan pada tahun 1855, University of San Fransisco, seorang Jesuit universitas swasta yang terletak di Lone Mountain, adalah lembaga pendidikan tinggi tertua di San Francisco dan salah satu universitas tertua didirikan barat Sungai Mississippi. Golden Gate University adalah sebuah, swasta yg tak mengikuti suatu aliran agama, universitas coeducational dibentuk pada tahun 1901 dan terletak di Distrik Keuangan. Hal ini terutama sebuah lembaga pasca-sarjana difokuskan pada pelatihan profesional dalam hukum dan bisnis, dengan program sarjana yang lebih kecil terkait dengan sekolah-sekolah pascasarjana dan profesional. Dengan pendaftaran 13.000 siswa, Academy of Art University adalah lembaga terbesar seni dan desain dalam bangsa. Didirikan pada tahun 1871, San Francisco Art Institute adalah seni tertua sekolah di sebelah barat Mississippi. San Francisco Conservatory of Music, hanya musik sekolah independen di Pantai Barat, hibah derajat dalam instrumen orkestra, musik kamar, komposisi, dan melakukan. California Culinary Academy, terkait dengan program Cordon Bleu Le, menawarkan program dalam seni kuliner, seni kue dan kue kering, dan perhotelan dan manajemen restoran.

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: